E-Mail

A. PENGERTIAN E-MAIL

Dengan adanya teknologi dan internet, saat ini pengiriman atau penyampaian informasi sudah sangat mudah sekali. E-mail merupakan salah satu layanan yang ada di internet yang dapat dipergunakan untuk berkomunikasi secara tertulis atau surat menyurat  secara elektronik.

B. MENGGUNAKAN E-MAIL UNTUK AKSES INFORMASI

1. Membuat alamat e-mail

Beberapa situs di internet, misalnya mail.yahoo.co.id, menawarkan alamat e-mail gratis, berikut cara membuat e-mail,

  1. Anda harus mengunjungi yahoo
  2. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru
  3. Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo
  4. Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman selanjutnya
  5. Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah mempunyai email yahoo

2. Komponen-Komponen dalam Webmail

Setelah anda berhasil membuat sebuah account di webmail (dalam hal ini, mail.yahoo.co.id), maka anda perlu mengetahui komponen-komponen dalam webmail antara lain,

  1. Cek surat, fasilitas yang digunakan untuk melihat apakah ada e-mail baru yang masuk.
  2. folder Kotak Masuk, fasilitas yang digunakan untuk melihat e-mail yang telah masuk. Adapun tombol-tombol yang terdapat dalam tampilan isi e-mail yang masuk dalam kotak masuk adalah sebagai berikut,
    1. Hapus, digunakan untuk menghapus e-mail.
    2. Jawab, digunakan untuk membalas e-mail.
    3. Teruskan, digunakan untuk mengirim kembali atau dengan kata lain forward.
    4. Spam, digunakan untuk menggolongkan e-mail yang sedang dibuka sebagai spam.
    5. Pindahkan, digunakan untuk memindahkan e-mail yang sedang dibuka ke folder yang sudah ada.
  3. Tombol Tulis, fasilitas yang digunakan untuk membiat e-mail baru.
  4. Folder Draft, fasilitas yang digunakan untuk melihat draft dari e-mail yang akan dikirim
  5. Folder Terkirim, fasilitas yang digunakan untuk melihat e-mail yang telah dikirim
  6. Folder Massal, fasilitas yang digunakan untuk melihat e-mail yang digolongkan sebagai spam.
  7. Folder Sampah, fasilitas yang digunakan untuk menyimpan e-mail yang telah dihapus.
  8. Tombol Cari Surat, digunakan untuk pencarian e-mail
  9. Tombol Cari Web, digunakan untuk pencarian di World Wide Web
  10. Opsi, digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan tampilan maupun kemampuan-kemampuan lain dari e-mail yang anda miliki. Opsi diantaranya sebagai berikut.
    1. Warna, Anda dapan menemtukan warna dan tema dari tampilan e-mail yang anda miliki.
    2. Surat, Untuk Opsi Surat, anda dapat melakukan berbagai pengaturan terhadap spam dan manajemen sebagai berikut:
      1. Perlindungan terhadap spam
      2. Blokir semua alamat
      3. Filter
      4. Tanda tangan
      5. Balasan otomatis

3. Mengirim E-mail

Pada dasarnya terdapat dua kegiatan dalam interaksi dengan layanan e-mail, yaitu menerima e-mail dan mengirim e-mail. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. Masuk ke dalam alamat e-mail yang anda miliki
  2. Klik tombol Tulis sehingga tampil seperti gambar berikut
  3. Isilah alamat e-mail yang dituju pada kita kisian Kepada dan judul e-mail pada kotak isian Topik

Adapun tombol-tombol yang terdapat tampilan pembuatan e-mail baru adalah sebagai berikut,

  1. Kirim, digunakan untuk mengirim e-mail yang telah selesai dibuat
  2. Lampirkan File, digunakan untuk menyertakan lampiran yang berbentuk file bersama e-mail yang dikirimkan.
  3. Simpan sebagai Draft, digunakan untuk menyimpan selonan e-mail yang dikirim.
  4. Batal, digunakan untuk membatalkan pembuatan e-mail.

4. Melakukan download lampiran dari e-mail yang diterima

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan download lampiran e-mail yang telah diterima,

  1. Buka e-mail yang dimaksud
  2. Klik hyperlink dari file yang terlampir
  3. Lakukan download lampiran dengan melakukan klik pada tombol Download Lampiran.
  4. Tentukan letak folder untuk menempatkan atau menyimpan file dari lampiran yang di-download.

5. Mengakhiri Akses Informasi Melalui Webmail

Untuk mengakhiri akses e-mail melalui webmail, anda dapat klik tombol Keluar.

C. MAILING LIST (MILIS)

1. Pengertian Mailing List

Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

2. Cara Membuat Mailing List

Anda harus memiliki email Yahoo terlebih dahulu. Kalau belum, daftar email Yahoo di sini!

  1. Masuk/login ke akun email Yahoo anda di mail.yahoo.com
  2. Kunjungi groups.yahoo.com -> klik Start your group (kanan atas)
  3. Di “Browse Group Categories” -> Pilih kategori. Contoh, pilih Regional -> Countries -> Indonesia
  4. Klik “Place My Group Here”
  5. Group Name -> Beri nama. Contoh, FKIP UNIGAL CIAMIS
  6. Enter Your Group Email Address -> buat alamat email group (bukan email Yahoo Anda). Harus sambung semua. Nantinya, alamatnya akan seperti ini: contoh@yahoogroups.com. Contoh,fkip-galuh
  7. Describe Your Group -> beri deskripsi group Anda.
  8. Klik Continue (bawah kanan)
  9. Pilih email Yahoo! yang akan menjadi owner group -> isi verifikasi kata -> klik Continue (bawah kanan).
  10. Ada pesan Congratulations! Berarti proses membuat group selesai.

Sekarang Anda dapat menyetel/settings group yang baru dibuat. Apakah akan dibikin terbuka, tertutup atau semi-tertutup, dst.

Sumber :
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Kelas XI
www.penchenk.com
sari-rahmadhanixi.blogspot.com
ceritakuwarnahidupku.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s